Kamis, 01 Desember 2016

Apa itu Hacker?

Hacker adalah sebutan orang atau kelompok yang memberi sumbangan untuk dunia jaringan dan sistem yang bertugas mengevaluasi sebuah sistem. Pekerjaan hacker yang sesungguhnya ialah mencari kelemahan suatu sistem sehingga bisa memperbaiki kelemahan sistem yang ditemukannya.
Hacker mempunya keunggulan dan manfaat yang positif untuk pengguna sistem jaringan yaitu membuat internet semakin maju karena menemukan kelemahan dan memperbaiki sistem tersebut juga memperkuat jaringan administrator.
Menurut Eric Raymond didefinisikan sebagai programmer yang pandai. Sebuah hack yang baik adalah solusi yang cantik untuk masalah pemrograman dan hacking adalah proses pembuatannya. Menurut Raymond ada lima (5) karakteristik yang menandakan seorang adalah hacker, yaitu:
  • Seseorang yang suka belajar detail dari bahasa pemrograman atau sistem.
  • Seseorang yang melakukan pemrograman, tidak cuma teori saja.
  • Seseorang yang bisa menghargai, menikmati hasil hacking orang lain.
  • Seseorang yang dapat secara cepat belajar pemrograman.
  • Seseorang yang ahli dalam bahasa pemrograman tertentu atau sistem tertentu, seperti UNIX hacker
Untuk melindungi komputer ketika membuka Intenet, kita perlu mengetahui cara kerja hacker mengakses suatu sistem, secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut: Hacker merupakan 'seni' tersendiri yang melibatkan proses mencari serpihan-serpihan informasi yang bertebaran di mana-mana dan seolah-olah tidak ada hubungannnya satu sama lain. Untuk memberi gambaran secara keseluruhan proses hacking, di bawah ini disajikan langkah-langkah logisnya, yaitu:
  1. Footprinting. Mencari rincian informasi terhadap sistem-sistem untuk dijadikan sasaran , mencakup pencarian informasi dengan mesin pencari, whois, dan DNS one transfer.
  2. Scanning. Terhadap sasaran tertentu dicari pintu masuk yang paling mungkin. Digunakan ping sweep dan port scan
  3. Enumeration Telaah intensif terhadap sasaran, yang mencari user account absah, network resource and share, dan aplikasi untuk mendapatkan mana yang proteksinya lemah.
  4. Gaining Access. Mendapatkan data lebih banyak lagi untuk memulai mencoba mengakses sasaran. Meliputi atau merampas kata sandi, menebak kata sandi, serta melakukan buffer overflow
  5. Escalating Privilege. Apabila baru mendapatkan user password di tahap sebelumnya, di tahap ini di usahakan mendapat privilese admi jaringan dengan password cracking atau eksploit sejenis getadmin, sechole atau lc_messages.
  6. Pilfering. Proses pengumpulan informasi dimulai lagi untuk mengidentifikasi mekanisme untuk mendapatkan akses ke trusted system. Mencakup evaluasi trust dan pencarian cleartext password di registry, config file, dan user data.
  7. Convering Tracks. Begitu kontrol penuh terhadap sistem diperoleh, maka menutup jejak menjadi prioritas. Meliputi membersihkan network log dan penggunaan hide tool seperti macam-macam rootkit dan file streaming
  8. Creating Backdoors. Pintu belakang diciptakan pada berbagai bagian dari sistem untuk memudahkan masuk kembali ke sistem ke sistem ini dengan cara membentuk user accountpalsu, menjadwalkan batch joob ,mengubah startup file ,menambahkan servis pengendali jarak jauh serta monitoring tool ,dan menggantikan aplikasi dengan qtrojan.
  9. Denial of Service. Apabila semua usaha diatas gagal, penyerang dapat dilumpuhkan sasaran sebagai usaha terakhir. Meliputi SYN flood, teknik-teknik ICMP, supernuke, land/ latierra, teardrop, bonk, newtear, trincoo, smurf, dan lain-lain.
Macam-Macam Teknik Hacking
1. Soscial Engineering Tools.
     Cara trik menipu si korban dengan media telepon maupun internet, mengkonsentrasikan diri pada rantai terlamah sistem jaringan komputer, yaitu manusia. Cara initelah dikenal sejak lama dan yang paling mudah untuk dilakukan para hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya, dengan cara meminta informasi tersebut kepada korban atau pihak lain yang mempunyai informasi itu
2. Phising Tools.
     Tindakan menipu dengan cara menyamar memalsukan yang asli. biasanya dengan media email, instant messenger dan website palsu
3. Sniffing Tools
     Cara trik mengendus dan menyadap informasi pada jaringan komputer wireless maupun kabel dengan memakai software seperti cain able, aircrack, snort, nmap.
4. Keylogger Tools
     Hampir sama dengan tindakan snifing namun sumber penyadapan langsung dari ketikan yang tejadi pada aktivitas keyboard. Biasanya hacker memasangnya pada akses internet umum, seperti di warnet dan lain-lain. Hasil penyadapan berupa nfile log ataupun catatan yang dapat tersimpan di hardisk maupun langsung terkirim ke email hacker.
5. Brute Force Tools
     Tindakan ini merupakan serangan langsung yang dilakukan hacker ke website profil korban, dengan software berbasis pemprograman php yang di upload ke sebuahweb hosting yang kemudian dijalankan oleh hacker dari sanadan memakai kamus bahasa untuk menembak password account korban.
6. Facebook Application Tools
     Triknya hacker dapat mengakses data-data penting komputer anda ketika anda memasang aplikasi tersebut di profil.
7. Exploits Vulnerability Tools.
     Ini adalah teknik hacking yang selalu update, yaitu dengan mencari kelemahan dari sistem website, misalnya infrastruktur jaringan atau operating system, database atau script programingnya untuk mengetahui share update kelemahan apa saja yang terdapat pada site tersebut.
8. Plagiat
     Ini adalah trik hacking dengan cara meminta ID dan password dengan cara para hacker mengatasnamakan developer, master, admin dan lain-lain pada website game dan sebagainya. Sebagai contoh pada facebook.com banyak user yang menggunakan nama nama orang besar.
     Semua tindakan hacking di atas adalah teknik hacking yang sering digunakan oleh hacker untuk membobol password website akun profil mauoun ID game yang dapat mendatangkan banyak uang. Tulisan di atas mengenai teknik hacking yang sering digunakan oleh hacker dalam mencuri akun hanyalah unutk pengetahuan bukan untuk melakukan kejahatan cyber. Jika anda mencoba untuk mempelajari, harap hati-hati dengan file di internet yang disebutkan sebagai software hacking namun itu adalah virus komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar